31.1 C
Jakarta

Polresta Malang Kota Optimalkan Pelayanan Publik

Must read

Polresta Malang Kota Optimalkan Pelayanan Publik

MALANG – Di usia 78 tahun pengabdian insan Bhayangkara, Polresta Malang Kota terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi. Sekaligus membaktikan diri untuk melayani masyarakat Kota Malang, termasuk golongan kelompok rentan.

Seperti diketahui, bahwa kelompok rentan ini terdiri dari difabel, ibu hamil hingga lansia. Polresta Malang Kota menjadi institusi yang selalu memperhatikan kebutuhan kelompok tersebut dengan memaksimalkan seluruh layanan yang ada.

“Kami memiliki Pusat Pelayanan Terpadu Polresta Malang Kota, yang terdiri dari pembuatan SKCK, perizinan kegiatan hingga perpanjangan SIM yang terintegrasi di satu bangunan,” ungkap Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si.

Perwira Polri dengan pangkat tiga melati emas di pundaknya itu mengatakan, selain terpusat layanan ini juga sangat ramah kelompok rentan, mulai dari area bermain anak, guide block, pintu sensor, penyediaan alat bantu dengar, kursi roda hingga toilet ramah disabilitas sudah tersedia dan siap pakai.

Pelayanan ini memang diwujudkan atas kepedulian Kombes Buher, sapaan akrabnya, terhadap seluruh lapisan masyarakat. Bahkan hal ini diwujudkannya secara bertahap, sejak dirinya mengemban amanah sebagai Kapolresta Malang Kota tahun 2021 lalu.

BACA JUGA:  Dalami Pungli yang Ramai di Medsos, Polisi Periksa Pengelola Pantai Balekambang

Sosoknya pernah didapuk sebagai Bapak Disabilitas Malang, kemudian mendapatkan penghargaan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Terbaru, atas pelayanan tersebut ia mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI pada November 2023 lalu.

“Kami memiliki karyawan disabilitas yang kinerjanya juga sangat luar biasa. Kemudian masyarakat Kota Malang ini, juga banyak yang membutuhkan perhatian karena tergolong kelompok rentan. Ini yang terus kami kembangkan, layanan publik optimal untuk masyarakat dengan tetap beriringan dengan transformasi digital,” beber Kombes Buher.

Berbagai rentetan penghargaan, juga berhasil diraih hampir dari seluruh satuan kerja jajaran Polresta Malang Kota (baca grafis). Tentunya hal ini juga tidak lepas dari peran aktif Polresta Malang Kota dalam ikut menyampaikan informasi positif kepada masyarakat.

“Era digitalisasi informasi ini, tentu menjadi sebuah tantangan dan harus dihadapi dengan bijaksana, bahkan hingga ke sektor ekonomi. Seperti tema yang diambil dalam Peringatan 78 Tahun Hari Bhayangkara, yakni Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas,” jelasnya.

Polresta Malang Kota juga terus mendukung keterbukaan informasi. Termasuk beberapa pengungkapan kasus atensi yang berimbas kepada masyarakat luas. Hingga di Juni 2024 ini, Polresta Malang Kota kembali menorehkan prestasi, yang diraih Sihumas Polresta Malang Kota dengan Amplifikasi Narasi Positif Terbanyak dari Polda Jatim

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article